Jumat, 09 Agustus 2013

Pidato Adiwiyata

Diposting oleh Unknown di 01.10
Tugas Bahasa Indonesia
K.D 12.4 : Menulis Teks Pidato
Tema : Lingkungan
Judul : Adiwiyata

D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
L.Martha Anada.R BR Panjaitan
X-Einstein
SMA Negeri 2 Pangkaje’ne
2012/2013

Pidato Adiwiyata
Selamat pagi dan salam sejahtera. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuha Yang Maha Esa karena atas berkat dan karunia-Nyalah kita dapat bersama-sama berkumpul ditempat ini dalam memperingati  hari jadi sekolah kita SMA Negeri 2 Pangkaje’ne.
Yang terhormat bapak kepala sekolah SMA Negeri 2 Pangkaje’ne. Yang saya hormati bapak/ibu guru beserta para staf SMA Negeri 2 Pangkaje’ne. Yang saya cintai kakak kelas serta teman-teman sekalian beserta para hadirin dan hadirat. Pada kesempatan kali ini, saya sekalu ketua osis akan menyampaikan sebuah pidato singkat tentang Adiwiyata.
Lingkungan. Kita semua tentu mengerti apa itu lingkungan. Ya, lingkungan merupakan tempat kita sebagai salah satu makhluk hidup untuk tinggal. Kita sebagai manusia tentu saja menginginkan lingkungan tersebut  layak untuk ditinggali sebagaimana keeadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Denga kata lain, lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup kita sebagai manusia.
Akhir-akhir ini di bumi pertiwi kita Indonesia telah terdengar begitu banyak keluhan mengenai lingkungan. Mulai dari keluhan tentang lingkungan yang tercemar akibat limbah yang berserakan, lingkungan yang mulai rusak akibat penebangan liar, peningkatan suhu lingkungan sebagai efek rumah kaca dan masih banyak lagi keluhan mengenai lingkungan. Untuk itu, Kementrian Lingkungan Hidup mengadakan program Adiwiyata. Adiwiyata merupakan terciptanya pengetahuan  dan kesadaran warga sekolah terhadap kepedulian lingkungan mengenai upaya-upaya pelestarian lingkungan.
Teman-teman yang saya cintai, apakah program ini penting untuk dilaksanakan? Ya, tentu saja program ini penting untuk dilaksanakan karena program ini mendukung usaha-usaha pelestarian lingkungan guna masa depan bumi yang diharapkan jauh lebih baik setelah program ini terlaksana. Program ini mungkin dapat membantu melestarikan lingkungan, akan tetapi jika usaha pelestarian lingkungan hanya dilakukan di lingkungan sekolah saja, belum cukup. Untuk itu, diperlukan kesadaran masing-masing tentang pentingnya pelestarian lingkungan agar dimanapun kita berada kita dapat melestarikan lingkungan. Marilah kita bersama-sama membiasakan diri berpartisipasi dalam program Adiwiyata ini. Maksudnya, mari biasakan diri kita untuk peduli terhadap lingkungan. Adapun hal-hal yang dapat kita lakukan sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan dalam mendukung program Adiwiyata ini antara lain menciptakan taman kelas yang hijau dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang kemudian akan dirawat dengan baik. Dengan begitu, lingkungan sekolah akan bertambah hijau dan akan tercipta udara yang segar karena oksigen yang dikeluarkan  oleh tumbuhan tersebut. Pemilahan limbah basah dan limbah kering juga akan membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu, seperti yang kita ketahui, sekolah kita juga telah memiliki tempat pengomposan limbah serta pengadaan kerjaninan hasil daur ulang. Kepada teman-teman yang tergabung dalam “Sispala” atau siswa pecinta alam juga diharapkan untuk lebih aktif dalam organisasi tersebut karena organisasi tersebut yang turut berperan dalam mengurusi “green house”. Mungkin upaya-upaya lain juga dapat dilakukan bagi teman-teman yang rumahnya berjarak cukup dekat dengan sekolah yakni dengan tidak mengendarai motor ke sekolah dan digantikan dengan mengendarai sepeda atau berjalan kaki. Dengan begitu, akan mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap knalpot yang dikeluarkan dari motor tersebut.  Masih banyak lagi upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk berpartisipasi dalam program ini. Mungkin teman-teman sekalian memiliki banyak ide yang bisa dituangkan dalam mendukung terlaksananya program Adiwiyata yang peduli lingkungan ini. Untuk itu marilah kita bersama-sama peduli terhadap lingkungan sekolah kita. Sebab dengan terlaksananya program adiwiyata ini, berarti kita bisa menciptakan suasana kegiatan belajar secara lebih nyaman dan kondusif karena lingkungan yang bersih dan secara tidak sadar kita akan meminimalkan terjadinya pemanasan global.
Partisipasi Adiwiyata sama dengan peduli kelestarian bumi kita.
Mungkin inilah pidato saya mengenai Adiwiyata yang tujuannya saya sampaikan antara lain agar memotivasi kita untuk peduli terhadap lingkungan yang bukan hanya lingkungan sekolah, tetapi juga lingkungan dimana pun kita berada.
Demikian pidato yang saya bisa sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat melekat di otak kita semua yang kemudian dapat kita terapkan dikehidupan kita masing-masing.
Terima kasih atas kesempatan dan perhatiannya. Akhir kata saya ucapkan Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua.

2 komentar:

 

Skenario Kehidupan Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea